Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 18:21 WIB

Juara Grup B, Ini Kata Anthony

Oleh : Andi Putra | Jumat, 13 Desember 2019 | 17:51 WIB
Juara Grup B, Ini Kata Anthony
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Guangzhou - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mendapat kemudahan ketika melakoni pertandingan terakhir penyisihan grup B BWF World Tour Finals 2019.

Anthony tak perlu bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan, setelah Viktor Axelsen (Denmark) mengalami cedera saat kedudukan baru menginjak 13-6 pada game pertama yang berlangsung di Tianhe Gymnasium, Jumat (13/12/2019).

Axelsen memutuskan untuk menyudahi pertarungan karena mengalami cedera hamstring di bagian kanan, dan Anthony mendapatkan kemenangan di laga ini.

"Ya mungkin ini rezeki saya. Karena kondisi seperti ini nggak bisa diprediksi, kapanpun bisa terjadi," ujar Anthony dalam rilis yang diterima INILAHCOM.

Berdasarkan regulasi yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) nomor 16.2.5 yang bertuliskan, Jika pemain/pasangan mengalami sakit, cedera, diskualifikasi atau hal-hal yang tidak dapat dicegah, maka semua hasil yang dimiliki pemain/pasangan tersebut otomatis akan dihapuskan. Berhenti selama dalam pertandingan akan dianggap tidak menyelesaikan semua pertandingan di fase grup.

Jadi dalam kasus ini, seluruh poin yang berkaitan dengan Axelsen otomatis dihapus. Maka Anthony, Chen Long dan Chou Tien Chen ada di posisi yang sama karena masing-masing punya satu kemenangan dan satu kekalahan.

Bila mengacu pada regulasi tersebut, maka Anthony otomatis berada di puncak klasemen Grup B karena punya jumlah perbedaan game lebih banyak, yakni +1 setelah bermain rubber dengan Chou di laga pertama. Sementara perbedaan game Chen 0 karena kalah straight game dari Anthony dan menang dua game langsung atas Chou.

"Pastinya saya bersyukur bisa masuk ke babak selanjutnya. Saya juga nggak menyangka akan seperti ini. Apalagi saya sempat kalah dulu di pertandingan awal. Dan bisa dibilang Grup saya ini kan berat-berat pemainnya. Untungnya kemarin saya bisa menang straight game dari Chen Long dan dapat satu game waktu melawan Chou (Tien Chen)," kata Anthony.

Keluar sebagai juara Grup B, Anthony masih menunggu calon lawannya di babak semifinal nanti. Sebab, kesempatan posisi runner up di Grup A masih terbuka untuk Jonatan Christie (Indonesia), Kento Momota (Jepang) dan Wang Tzu Wei (Taiwan).

Komentar

x