Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 06:57 WIB

SEA Games 2019

Dapat Kabar Ayah Meninggal, Edgar Tetap Raih Emas

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 3 Desember 2019 | 14:30 WIB
Dapat Kabar Ayah Meninggal, Edgar Tetap Raih Emas
Edgar Xavier Marvelo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, mampu meraih dua medali emas SEA Games 2019 di tengah kabar duka. Beberapa jam jelang final, Edgar mendapat kabar ayahnya meninggal.

Edgar merebut medali emas pertama dari nomor daoshu/gunshu combined putra, serta dari nomor duilian putra bersama Seraf Naro Siregar dan Harris Horatius pada final yang berlangsung di World Trade Center, Manila, Selasa (3/12/2019).

Keberhasilan Edgar mempersembahkan dua medali emas bagi Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 patut mendapat apresiasi tinggi. Sebab, peraih Edgar bertanding diliputi kesedihan setelah mendapat kabar sang ayah, Lo Tjhiang Meng, meninggal pukul 01:00 dini hari tadi. Berita duka tersebut disampaikan pihak Kemenpora melalui akun Twitter resmi.

"Di tengah kesedihan dan duka mendalam atas kepergian Ayahanda malam tadi pukul 01.00 WIB, Edgar Marvelo tetap tampil apik dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Turut berduka cita, dan terima kasih Edgar atas perjuanganmu untuk merah putih," demikian isi kicau akun @Kemenpora_RI.

Edgar yang ditemui usai seremoni pengalungan medali mengatakan dirinya sudah diberitahu oleh anggota keluarga mengenai kondisi sang ayah yang memasuki masa kritis. Sedih tak bisa berada di samping ayahanda, Edgar bertekad mengukir prestasi sebagai persembahan bagi mendiang sang ayah.

"Tadi sebelum alat papah dicopot, pada ngomong juga ke papah kalau aku akan lakuin ini (medali emas SEA Games 2019) buat papah," kata Edgar sambil menahan tangis saat diwawancari awak media.

Awalnya, peraih medali pertama Indonesia di Asian Games 2018 itu berencana pulang seusai pertandingan final. Namun, ia harus menunda kepulangannya ke Tanah Air disebabkan faktor cuaca yang tidak mendukung.

"Tadi udah telpon mamah, telepon kokoh (saudara laki-laki) sudah telepon cicih (saudara perempuan), sudah kabarin semua. Saya belum bisa pulang karena ada musibah badai di Filipin, jadi mungkin baru besok bisa pulang.
Mereka bilang tenang aja, semua sudah diurus oleh mereka semua," ia memungkasi.

Berkat sumbangan dua emas dari Edgar, Kontingen Indonesia sementara berada di urutan tiga klasemen perolehan medali SEA Games 2019 dengan raihan 11 emas, 14 perak dan 13 perunggu.

Komentar

Embed Widget
x