Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 06:36 WIB

Indonesia Open 2019

Umpire Indonesia Open 2019 Pakai Batik

Oleh : Reza Adi Surya | Sabtu, 20 Juli 2019 | 21:45 WIB
Umpire Indonesia Open 2019 Pakai Batik
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Umpire atau wasit yang memimpin di Indonesia Open 2019 level super 1000 memakai batik saat bertugas. Hal ini dilakukan mulai sejak babak semifinal hingga final.

Sebenarnya umpire memakai batik di Indonesia Open bukan hal baru. Hal ini sudah dilakukan sekitar tiga atau empat tahun lalu.

Awalnya ide ini sempat mendapat tentangan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Tapi, pada akhirnya mereka memperbolehkan wasit memakai batik, yang merupakan pakaian khas Indonesia.

"Ini sudah diterapkan tiga atau empat tahun lalu. Mengapa? Karena kami perlu inovasi. Lagi pula ini bukan pertama kali juga, sebelumnya pernah pakai udeng," ujar Kasubid Hubungan Internasional PBSI, Bambang Roedyanto, di Istora Senayan, Sabtu (20/9/2019).

"Awalnya mendapat tentangan dari BWF, tapi sekarang tidak, karena batik adalah pakaian. Lagi pula di televisi jadi terlihat lebih elegan. Jadi bisa sekalian promosi," katanya.

Berbeda dengan umpire, line judge atau hakim garis tidak memakai batik. Mereka mengenakan pakaian tradisional khas Yogyakarta, Sorjan Lurik.

"Beda dengan line judge, umpire tidak bisa menggunakan penutup kepala karena takut mengganggu pekerjaannya. Makanya kami hanya memberikan batik saja," tambah pria yang akrab disapa Rudy.

"Respons umpire baik-baik saja karena mereka sudah tahu kalau ke sini pasti dapat batik dan mereka senang sekalian buat oleh-oleh. Di All England tidak ada seperti ini, hanya di Indonesia. Kita memang mau mengubah tradisi," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x