Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 07:21 WIB

Indonesia Open 2019

Tekad Chen Yufei Kembalikan Dominasi China

Oleh : Reza Adi Surya | Rabu, 17 Juli 2019 | 11:10 WIB
Tekad Chen Yufei Kembalikan Dominasi China
Chen Yufei - (Foto: Inilahcom/Reza Ads)

INILAHCOM, Jakarta - Tunggal putri China sempat mendominasi perbulutangkisan dunia. Belakangan, dominasi mereka mulai memudar. Negeri Tirai Bambu mencoba mengembalikan dominasi itu lagi melalui Chen Yufei.

China memiliki banyak tunggal putri kualitas dunia. Di era 2010-2016, setidaknya mereka memiliki tiga pebulutangkis yang sulit ditaklukkan, seperti Li Xuerui, Wang Yihan, dan Wang Shixian.

Selepas Olimpiade 2016, Wang Yihan dan Wang Shixian memutuskan pensiun. Di sisi lain, peringkat satu dunia saat itu, Li Xuerui mengalami cedera lutut yang parah.

Sejak itu, dominasi tunggal putri pudar. Beberapa pemain muda saat itu seperti Chen Yufei atau He Bingjao masih terlalu 'hijau' dan kerap menjadi bulan-bulanan lawan.

Perlahan tapi pasti, China punya lagi wakil yang berada di papan atas. Berdasarkan peringkat dunia BWF pekan ke-29, Chen Yufei duduk di peringkat tiga dunia. Di 2019, dia menjuarai All England (level super 1000), Swiss Open dan Australia Open (level super 300).

"Mungkin ini masalah tanggung jawab. Dulu China sempat drop, dan saya berusaha membangkitkan tunggal putri lagi," ujar Chen Yufei, ditemui di mixed zone.

"Semua dilakukan step by step, karena banyak mengikuti turnamen, jadi perkembangan saya juga cepat," katanya.

Di Indonesia Open 2019, Chen Yufei lolos ke babak kedua usai mengalahkan Fitriani. Selanjutnya, dia akan menantang pemenang antara Han Yue (China) dan Sayaka Takahashi (Jepang).

Komentar

Embed Widget
x