Find and Follow Us

Senin, 19 Agustus 2019 | 06:58 WIB

Indonesia Open 2019

Jonatan Kerja Keras Lewati Babak Pertama

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 16 Juli 2019 | 18:18 WIB
Jonatan Kerja Keras Lewati Babak Pertama
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, harus bersusah payah melewati babak pertama Indonesia Open 2019 level 1000. Meski menang dua gim, kemenangan diraih cukup sulit.

Tampil di depan publik sendiri di Istora, Senayan, Selasa (16/7/2019) sore WIB, Jonatan mengalahkan Rasmus Gemke (Denmark), 21-17 dan 24-22. Jojo sempat tertinggal dalam perolehan poin dari Gemke sampai interval dalam kedudukan 8-11. Perlahan namun pasti, Jojo mampu bangkit dan menyamakan skor 16-16. Itu menjadi titik balik bagi Jojo. Ia menutup gim pertama dengan keunggulan 21-17.

Di gim kedua, laga berlangsung lebih ketat. Kedua pebulutangkis saling kejar-kejaran poin. Gemke sebenernya punya kans meraih kemenangan di gim kedua dalam kedudukan 18-20, namun gim kedua justru menjadi milik Jojo setelah mampu membalikkan skor jadi 24-22.

Jojo lega bisa menyelesaikan laga straight gim. Ia sudah memperkirakan situasinya akan berbeda jika Gemke mampu memaksakan rubber game.

"Main dua gim sudah 58 menit itu yang tidak mau disia-siakan. Kalau ada rubber gim lebih menguras energi, Gemke lebih percaya diri di gim kedua, kalau rubber bisa lebih percaya diri lagi. Itu yang saya manfaatkan," kata Jojo dalam jumpa pers.

Jojo mengakui pertandingan melawan Gemke bukan cuma menguras tenaga. Peraih medali emas Asian Games 2018 juga dipaksa berpikir keras mengatasi permainan cepat lawannya itu.

"Ada beberapa catatan di pertandingan pertama. Di lapangan, saya main tadi angin kencang, bola juga sedikit berat mungkin lawan angin. Sebisa mungkin fokus saya bukan angka dan bola, tapi mainnya Gemke. Yang kedua lebih tenang di poin-poin awal, saya lebih kerasin pikiran di poin-poin penting," ia menambahkan.

Soal peluang lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo, Jojo belum mau bicara banyak. Fokusnya saat ini adalah tampil sebaik mungkin di turnamen sampai akhir 2019.

"Saya masih di nomor satu itu road to Olimpiade baru awal, masih banyak lagi turnamen sampai tahun depan. Saya sih tidak mau berpikir terlalu panjang, satu demi satu saja, semaksimal mungkin bisa dapat poin, karena top 16 masing-masing mengirimkan dua wakil dari satu negara. Saya bersaing dengan Anthony Ginting dan juga Tommy Sugiarto," ia memungkasi.

Di babak kedua Indonesia Open 2019, Jojo akan kembali jumpa tunggal putra Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, yang sebelumnya mengalahkan Wang Tzu Wei (Taiwan) 21-16 dan 21-18.[rza]

Komentar

Embed Widget
x