Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 00:24 WIB

IRONMAN 70.3 Digelar di Bintan Agustus Mendatang

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 25 Juni 2019 | 16:33 WIB
IRONMAN 70.3 Digelar di Bintan Agustus Mendatang
(Foto: Inilahcom/Arif BW)

INILAHCOM, Jakarta - Kompetisi dunia triathlon jarak jauh, IRONMAN 70.3, kembali digelar di Bintan untuk kelima kalinya. Event ini memadukan olahraga dan pariwisata.

Ironman 70.3 Bintan yang kelima akan berlangsung pada 25 Agustus 2019. Akan ada dua perubahan utama di tahun ini untuk para peserta yang tidak ingin mendapatkan kualifikasi kejuaraan dunia.

Para peserta biasanya cuma ingin menyelesaikan tantangan renang sejauh 1,9 km, bersepeda 90 km, dan berlari sepanjang 21,1 km. Diharapkan dengan perubahan yang dilakukan bisa meningkatkan pengalaman mereka dalam berkompetisi.

Perubahan pertama yaitu start untuk berenang akan bergiliran, dimana para triatlet ini akan dibagi kedalam beberapa grup yang terdiri dari 4 orang. Masing-masing triatlet diperbolehkan memulai dalam rentang waktu 6 detik.

Pada event sebelumnya, para triatlet mengikuti triatlet elit wanita dan pria yang akan mulai lebih dulu sebagai bagian dari seremonial dibukanya kompetisi. Sementara perubahan kedua adalah terdapat rain shower yang menyegarkan di titik tertentu pada seluruh jalur.

"Kami akan memberikan kesempatan kepada para triatlet amatir terbaik untuk mendapatkan slot di Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 yang akan diadakan di Taupo, Selandia Baru, di tahun 2020," jelas Nathalie, CEO Metasport, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (25/6/2019) siang WIB.

"Peningkatan slot kualifikasi dari 30 slot di tahun 2018 menjadi 60 slot di tahun 2019 semakin menguatkan posisi IRONMAN 70.3 Bintan di tahun 2019 ini," ia menabahkan.

Lokasi acara IRONMAN 70.3 Bitan 2019 berada di Plaza Lagoi. Para triatlet beserta keluarganya bakal disuguhi keindahan bentang alam Indonesia seperti perbukitan yang hijau, bentang pesisi yang memukai dan desa-desa yang indah.

Selain berkompetisi, para triatlet juga berkesempatan menikmati pengalaman menjelajah sudut-sudut spot pariwisata terbaik di Bintan yang merupakan sepuluh destinasi wisata Bali baru.

"Kenapa pilih Bintan? Kami belajar dari Spanyol yang merupakan cross border, mudah diakses. Karena Bintan berada di Selata Malaka dan dekat Singapura serta jalur internasional lainnya. Selain itu, Bintan juga punya daya tarik wisata yang tak kalah bagus dari Bali," jelas Kepala Dinas Pariwisata Bingan, Wan Rudy.

"Kami percaya event seperti ini bisa dikelola dengan baik bekerjasama denan Metasport serta dukungan dari Kemenpar (Kementerian Pariwisata)."

"Jika 1.300 peserta hadir, ditambah mereka membawa keluarganya maka bisa 5 ribu orang hadir di Bintan. Ini kesempatan kami memasarkan Bintan sebagai sport and tourism destination," ia memungkasi.

Dari 1.300 peserta yang ditargetkan, sudah ada 900 orang mendaftar per 25 Juni ini. Bagi yang berminat ambil bagian dalam IRONMAN 70.3 Bintan 2019 informasi bisa diperoleh dengan mengklik www.ironmanbintan.com.

Komentar

Embed Widget
x