Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 00:19 WIB

Sirkuit Jalanan Mandalika Gelar MotoGP Mulai 2021

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 22 Februari 2019 | 11:50 WIB
Sirkuit Jalanan Mandalika Gelar MotoGP Mulai 2021
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021. Sirkuit Jalanan Mandalika, Lombok, NTB, akan menjadi venue balap motor paling bergengsi tersebut.

Indonesia dan Dorna, operator MotoGP, telah mencapai kesepakatan selama tiga tahun untuk menggelar MotGP di Mandalika. Artinya, Indonesia akan masuk dalam kalender pelaksaanan MotoGP hingga 2023 mendatang.

"Secara legalitas kita sudah dapat kontrak untuk MotoGP. Nanti akan ada world annoucement (Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP) karena mereka terkait dengan pabrik motornya, sponsor-sponsor," ujar Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Abdulbar M Mansoer.

Keberhasilan Mandalika terpilih sebagai tuan rumah seri balapan MotoGP disambut baik oleh Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya. Kemenpara menegaskan akan memberikan bantuan dan dukungan terkait lisensi penyelenggaraan MotoGP.

"Untuk mengadakan MotoGP, kita harus memiliki lisensi. Lisensi tersebut membutuhkan investasi sebesar 9 juta Euro. Kemenpar akan memberikan bantuan sebesar 1 juta Euro. Sisanya, kami mengharapkan kerja sama dari Pemerintah Daerah," kata Menpar.

Menjadi tuan rumah balapan MotoGP, Menpar optimistis bisa mendongkrak pariwisata baik di Mandalika, maupun Indonesia secara luas.

"Untuk pertama kalinya di Indonesia pada 2021, Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi MotoGP. Ini membuat Positioning NTB semakin kuat. Ditargetkan kompetisi ini akan mendatangkan 100 ribu wisatawan mancanegara," ia memungkasi.

Komentar

Embed Widget
x