Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 05:23 WIB

Melihat Regenerasi Pebasket Bali di Kadispora Cup

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 30 Oktober 2018 | 07:04 WIB

Berita Terkait

Melihat Regenerasi Pebasket Bali di Kadispora Cup
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Denpasar - Kejuaraan basket antar SMA tingkat Nasional, Kadispora Cup 2018 telah usai. Kejuaraan ini diharapkan menelurkan pebasket muda berkualitas di Bali.

Dalam kejuaraan yang digelar di GOR Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pada 22-28 Oktober 2018, SMA SKO Ragunan Jakarta keluar sebagai juara di kelompok putri setelah mengalahkan SMA 1 Denpasar dengan skor 67-57.

Sedangkan di bagian putra, unggulan juara SMA 1 Denpasar (Smansa) membuktikan hegemoninya di partai puncak dengan menyudahi perlawanan SMA Soverdi Badung (70-51).

Dalam sambutan penutup, ketua panitia Kadispora Cup 2018, Cokorda Raka Satrya Wibawa, memberikan apresiasi yang setinggi-tinginya kepada pelaksana All Star Winner Sports (ASW), sponsor dan juga para peserta, panitia serta insan basket di Provinsi Bali.

"Atas nama Kadispora kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan event ini. Dalam dua tahun terakhir gairah basket di Bali mulai bangkit lagi. Di putri ada Merpati Bali yang mengikuti kompetisi Srikandi Cup dan harapan kami lewat Kadispora Cup akan bermunculan bibit-bibit basket Bali di sektor putra putri, untuk persiapan PON dan kejuaraan nasional lainnya," kata Cokorda.

Asa untuk melihat perbasketan Bali dapat berprestasi kembali di tingkat nasional juga diamini oleh beberapa mantan pebasket profesional yang kini kembali berdomisili di Bali seperti IGN Rusta Wijaya (eks Kalila Jakarta), IGN Ngurah Teguh dan Ary Sapto (Hang Tuah Sumsel), Putu Donny Hermawan (Pacific Surabaya).

"Kadispora Cup adalah momentum yang pas untuk memulai era regenerasi basket di Bali. Kita sudah melihat beberapa potensi baru di putra maupun putri. Berbicara prestasi, kita butuh kompetisi yang konsisten dari level kelompok umur, pelajar dan juga antar klub. Saya bersama eks pebasket lainnya sepakat, masa depan prestasi basket Bali akan cerah dengan adanya berbagai kejuaraan dan ada tokoh basket disini layaknya Pak Ali Santoso Wibowo dari ASW Sports," ujar IGN Ngurah Teguh yang merupakan pelatih SMA Putra Soverdi Badung.

"Kedepannya kami akan terus menggelar berbagai kejuaraan basket ataupun cabang olahraga lainnya di tingkat nasional. ASW Sports saya dirikan sebagai amanah untuk membaktikan visi dan misi kami, salah satunya menularkan kecintaan olahraga di Bali. Kita tidak boleh mengandalkan dari Perbasi atau Koni Provinsi Bali saja," lanjut Aji Santoso Wibowom, pendiri ASW Sports.

"Apa yang bisa kita bantu dan perbuat untuk kemajuan olahraga Bali khususnya basket, mari kita lakukan secara gotong-royong. Saya juga melihat disini banyak mantan pebasket Bali yang kini melatih di berbagai klub maupun akademi di Bali yang juga peduli untuk memajukan basket di Bali," ia menambahkan.

Pujian terhadap pebasket Bali juga dilontarkan oleh pelatih SMAK 1 Bina Bakti Bandung yang dinilainya punya potensi yang sama baiknya dengan pebasket di Pulau Jawa.

"Karakter pemain Bali dilapangan keras-keras dan skillnya tidak kalah dengan pebasket di Pulau Jawa. Saya tidak heran jika Bali suatu saat akan berbicara banyak secara prestasi dan menyumbangkan pemainnya di timnas basket disektor putra dan putri," pungkas coach Yohanes Kristian.

Rencananya, awal Desember mendatang ASW Sports kembali akan menggelar kejuaraan terbuka KU 14 nasional dan antar klub yang memperbolehkan mantan pemain profesional dan terlibat di dalamnya.

Hasil Kejuaraan Kadispora Cup 2018

Putri

Peringkat 3 SMA 2 Denpasar (Resman)

Runner Up SMA 1 Denpasar (Smansa)

Juara 1 SKO Ragunan Jakarta


Putra

Peringkat 3 SMA 2 Denpasar (Resman)

Runner Up SMAK Soverdi Tuban Badung

Juara 1 SMA 1 Denpasar (Smansa)

Komentar

Embed Widget
x