Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 22:47 WIB

Rica Oktavia Bidik Emas di Asian Para Games 2018

Oleh : Reza Adi Surya | Kamis, 6 September 2018 | 21:15 WIB

Berita Terkait

Rica Oktavia Bidik Emas di Asian Para Games 2018
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Solo - Atlet lompat jauh, Rica Oktavia menargetkan medali emas di Asian Para Games 2018. Dia berharap bisa mengharumkan nama Indonesia.

Rica akan tampi di nomor lompat jauh T20. Dari segi fisik, gadis kelahiran 1993 itu tak memiliki keterbatasan, alias semuanya normal.

Rica masuk dalam kategori Intellectual Impairment atau memiliki IQ yang di bawah normal. Lebih mengherankan lagi, ketika diajak bicara, Rica bisa menjawab dengan lancar seperti orang normal.

Hambatan Rica bukanlah menjawab pertanyaan orang saat bicara, tapi dia kesulitan dalam menerima pelajaran.

"Kekurangan saya itu bukan saat bicara dengan orang lain. Saya tidak bisa pergi sendirian tanpa ditemani, selain itu saya sulit menerima pelajaran di sekolah," kata Rica, kepada INILAHCOM, di Stadion Sriwedari, Kamis (6/9/2018).

"Saya dulu sering bolos sekolah. Saat SD dan SMP saya di Sekolah Luar Biasa (SLB). Setelah tamat SMP, saya masuk sekolah normal. Tapi, saat itu saya bisa naik kelas dan lulus karena nilai dibantu guru. Itu tak lepas dari prestasi saya di bidang olahraga," tambahnya.

Dengan keterbatasannya, Rica tak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Dia memilih fokus menjadi atlet. Pencapaiannya juga cukup bagus. Dia pernah meraih dua medali emas dan satu perak di Asian Para Games Myanmar. Kemudian satu emas dan satu perunggu di ASEAN Para Games Singapura 2015. Rica tak tampil di ASEAN Para Games 2017 Malaysia karena sakit.

"Saya sudah melakukan TC (pemusatan latihan) sejak Januari. Saya ingin fokus dan berlatih keras agar bisa merai emas di Asian Para Games 2018. Kita jadi tuan rumah, jadi saya ingin memberikan yang terbaik," ujarnya.

Komentar

x