Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 19:49 WIB

Api Abadi Mrapen Tiba di Balai Kota Solo

Oleh : Reza Adi Surya | Rabu, 5 September 2018 | 18:43 WIB

Berita Terkait

Api Abadi Mrapen Tiba di Balai Kota Solo
(Foto: INAPGOC)

INILAHCOM, Solo - Api abadi Mrapen yang akan digunakan untuk menyalakan obor Asian Para Games 2018 sudah tiba di Balai Kota Solo, Rabu (5/9/2018). Api tersebut akan bermalam di sana sebelum akhirnya dibawa ke Ternate.

Api abadi Mrapen diambil di Kabupaten Grobogan sekitar pukul 10.00 WIB. Api tersebut diletakkan di sebuah lentera yang kemudian dibawa menuju kantor NPC (National Paralympic Committee) di Jalan Ir Sutami.

Api abadi Mrapen akhirnya tiba di kantor NPC sekitar pukul 13.00 WIB. Api yang berada di lentera itu diserahkan ketua NPC, Senny Marbun ke ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari.

Kemudian, lentera diarak menuju Balai Kota. Lentera diiringi empat kereta kuda yang terdiri dari tiga kereta cabriolet dan satu kereta kuda Kencana Garuda. Perjalanan dimulai dari Jalan Ir. Juanda ke Pos 1 di Jalan Jendral Urip. Di sana sudah menunggu atlel paralympic atletik, Nanda Mei Solihah, yang merupakan pembawa lentera pertama.

Kemudian, lentera diserahkan ke pembawa lentera selanjutnya, Wakapolda Jawa Tengah, Brigjend Pol Ahmad Lutfi. Lanjut lagi lentera diserahkan kepada Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Selanjutnya, giliran atlet paralympic atletik lainnya, Jaenal Aripin yang menjadi pembawa lentera keempat. Lentera berpindah tangan lagi ke duta obor, Bertrand Antolin.

Wakajati Jateng, Amandra Syah Arwan menjadi pembawa lentera keenam, dan dilanjutkan oleh atlet paralympic atletik, Rizal Bagus. Pembawa lentera kedelapan, Gusti Raden Ayu Moertiyah (pemangku budaya) menerima tongkat estafet dari Rizal.

Gusti Rade Ayu menyerahkan lentera ke Menko PMK, Puan Maharani menuju Balai Kota. Setibanya di Balai Kota, Puan langsung memberikan lentera tersebut pada pembawa lentera terakhir, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Nantinya lentera berisi api abadi itu akan disulut ke obor Asian Para Games 2018 di Ternate, 9 September mendatang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional.

Komentar

Embed Widget
x