Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Januari 2019 | 15:01 WIB

Bola Voli Putri Gagal Amankan Enam Besar

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 31 Agustus 2018 | 19:10 WIB

Berita Terkait

Bola Voli Putri Gagal Amankan Enam Besar
(Foto: twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Timnas bola voli putri Indonesia gagal mengamankan posisi enam besar di Asian Games 2018 setelah harus mengakui keunggulan Vietnam. Perubahan strategi lawan membuat Indonesia kewalahan.

Bermain di Tennis Indoor, Komplek Olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2018) pagi WIB, Indonesia kehilangan set pertama. Namun, tim asuhan Mohamad Ansori mampu merebut set kedua.

Sayangnya, di set ketiga dan keempat Vietnam mampu kembali mendominasi dan menutup pertandingan dengan skor 3-1 (27-29, 25-18, 25-22, dan 25-22). Hasil tersebut memastikan Indonesia gagal berada di peringkat enam dan gagal mengulang sukses menang atas Vietnam di SEA Games 2017.

Usai pertandingan, para pemain tak bisa menutupi kesedihannya meskipun sudah memenuhi target masuk delapan besar. Kapten tim voli putri Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, mengakui timnya terlalu percaya diri. Ditambah lagi Vietnam berhasil mengubah strategi usai kehilangan set kedua.

"Pas set kedua karena servis kita mulai nyerang terus. Tapi saat mereka balik menyerang kami justru kewalahan sendiri. Itu saja. Lini tengah banyak yang lubang kurang ceoat bisa baca lawan. Jadi harusnya yang jadi patokan diam di situ, jadi memposisikan diri belum jelas. Jadi mereka tahu kelemahan kita juga diblok," ia menambahkan.

Hal senada diungkapkan pelatih Mohamad Ansori. Ia menyayangkan pemainnya banyak melakukan kesalahan sendiri yang menyebabkan Vietnam nyaman menambah perolehan poin.

"Ya mungkin (tekanan) penonton ya, ingin menang tapi akhirnya blunder sendiri untuk tim," ujar Ansori.

Meskipun demikian, ia tetap mengapresiasi kerja keras dan hasil yang diraih timnya.

"Yang penting kami dan anak2 targetnya sudah tercapai dan mereka mainnya luar biasa. Semua penonton juga tahu kalau kita main bukan main main. Apa yang kita punya dituangkan semua," ia memungkasi.

"Timnas voli putri masih akan menjalani satu pertandingan lagi untuk menentukan peringkat tujuh dan delapan. Untuk lawannya, Indonesia masih menunggu pemenang antara Kazakhstan dan Filipina.

Komentar

Embed Widget
x