Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 21:19 WIB

Clarkson Tak Dapat Izin NBA Tampil di Asian Games

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 14 Agustus 2018 | 07:19 WIB

Berita Terkait

Clarkson Tak Dapat Izin NBA Tampil di Asian Games
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Pebasket Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, harus mengubur impiannya tampil di Asian Games 2018 bersama timnas basket Filipina. Ia tak mendapat izin dari NBA.

Clarkson yang lahir di Tampa, Florida pada 7 Juni 1992 memiliki darah Filipina dari neneknya. Namun demikian, mantan pemain Los Angeles Lakers itu belum pernah sekalipun membela timnas basket Filipina.

Point Guard 26 tahun berencana menjalani debutnya di timnas Filipina pada Asian Games 2018 setelah dipastikan batal mundur dari gelaran terakbar negara-negara Asia itu.

Ia sebenarnya sudah mengantongi izin dari klubnya, Cleveland Cavaliers, dan Olympic Council of Asia (OCA) untuk bermain bersama Filipina di Asian Games 2018.

Namun, NBA menolak keikutsertaan Clarkson di ajang tersebut. Sesuai kesepakatan dengan Federasi Bola basket Internasional (FIBA), pemain NBA hanya boleh bermain di gelaran Olimpiade, Piala Dunia FIBA dan Piala Kontinental.

"Kesepakatan dengan NBA dan FIBA adalah mengizinkan para pemain NBA berpartisipasi di Olimpiade, kejuaraan dunia FIBA, kejuaraan kontinental. dan kualifikasi turnamen di setiap asosiasi," demikian pernyataan juru bicara NBA, Tim Frank.

"Karena Asian Games bukan salah satu dari kompetisi itu, maka pemain NBA tidak bisa berpartisipasi. Berdasarkan kesepakatan NBA dengan FIBA, Jordan (Clarkson) baru diperbolehkan membela Filipina di kompetisi yang sudah disepakati," ia melanjutkan.

Tak bisa menjalani debut bersama timnas Filipina di Asian Games 2018, Clarkson menuliskan kekecewaannya lewat akun Facebook pribadinya disertai unggahan foto jersey timnas Filipina miliknya yang siap dipakai.

"Untuk saudara-saudara saya di Filipina, saya benar-benar kecewa karena tidak diperbolehkan berpartsipasi di Asian Games bersama timnas. Meskipun saya tidak bisa berkontribusi, saya akan tetap mendukung rekan-rekan di timnas dengan hati dan semangat."

"Dengan demikian, keinginan dan ambisi saya bermain bersama rekan-rekan senegara masih tetap ada. Saya percaya mimpin ini akan segera jadi nyata," demikian curahan hati Clarkson.

Nasib Clarkson berbeda dengan dua pebasket NBA lainnya, Zhou Qi (Houston Rocket) dan Ding Yayunhang (Dallas Mavericks), yang diperbolehkan memperkuat timnas bola basket Tingkok di Asian Games 2018.

Sumber: ESPN

Komentar

Embed Widget
x