Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 16:22 WIB

Soal Blunder, JR Smith Justru Salahkan LeBron

Oleh : Reza Adi Surya | Jumat, 1 Juni 2018 | 19:30 WIB

Berita Terkait

Soal Blunder, JR Smith Justru Salahkan LeBron
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Oakland - JR Smith melakukan blunder saat detik-detik akhir kuarter keempat pada gim pertama final NBA. Tapi, Smith seolah menyalahkan LeBron James.

Golden State Warriors meraih kemenangan atas Cleveland Cavaliers pada gim pertama final NBA, Jumat (1/6/2018) pagi WIB dengan skor 124-114. Kemenangan harus dilalui melalui overtime atau perpanjangan waktu.

Cavaliers sebenarnya memiliki peluang besar memenangkan pertandingan tanpa harus melalui overtime. Di kuarter keempat, ketika pertandingan tinggal menyisakan beberapa detik, George Hill gagal memasukkan bola pada kesempatan kedua free throw.

Saat itu kedudukan sama kuat 107-107. Setelah free throw kedua Hill gagal, Smith mampu melakukan rebound dan berada di dekat ring. Saat itu hanya Kevin Durant yang berada di dekatnya.

Alih-alih menembak melewati Durant, Smith justru menggiring bola ke arah berlawanan ke dekat garis tengah lapangan. LeBron, yang terkejut dengan aksi Smith, langsung berteriak dan melakukan gestur meminta Smith memasukkan bola karena saat itu kedudukan imbang 107-107.

Banyak pengamat menduga Smith berniat membuang-buang waktu karena mengira saat itu Cavaliers sudah unggul dari Warriors. Tapi, alih-alih mengakui kesalahannya, Smith justru seakan menyalahkan LeBron.

"Saya tahu saat itu kondisi poin sama kuat. Saya mengira kami akan melakukan time-out karena saya berhasil melakukan rebound. Saya cukup yakin tak ada orang yang berpikir saya akan menembak melewati KD (Kevin Durant) di bawah ring," ujar Smith, dikutip dari Daily Mail.

"Kami masih memiliki jatah time-out dan saya berusaha mendapatkan ruang. Saya berusaha membawa bola ke belakang dan saya melihat ke LeBron. Sepertinya dia berusaha meminta time-out, jadi saya berhenti. Kemudian pertandingan berakhir," tambahnya.

Di babak perpanjangan waktu, Warriors mampu mencetak 17 poin berbanding tujuh poin dari Cavaliers. Ketika disinggung mengapa Smith tak langsung menembak bola ke ring, dia mengaku tak ingin menjadi korban blok kelima Durant.

"Saya melihat KD ada di dekat saya dan dia sudah melakukan blok empat kali. Jadi, saya tak ingin menjadi korban kelima," tandasnya.

Dalam peraturan NBA, sebenarnya siapa saja boleh meminta time-out selama dalam penguasaan bola. Artinya, Smith tak perlu menunggu LeBron meminta time-out jika memang dirinya ingin meminta time-out, karena Smith bisa melakukannya sendiri.

Komentar

Embed Widget
x