Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 23:10 WIB

Olahraga Catur Bisa Jadi Media Pemersatu Bangsa

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 21 Mei 2018 | 13:10 WIB

Berita Terkait

Olahraga Catur Bisa Jadi Media Pemersatu Bangsa
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dibandingkan sepakbola dan bulutangkis, pamor olahraga catur memang belum ada apa-apanya. Namun, di balik fakta tersebut catur bisa menjadi media mempererat persatuan bangsa.

Pesan tersebut disampaikan Anggota DPR-RI, Maruarar Sirait, saat pemberian piala para pemenang pertandingan catur Piala Maruarar Sirait daan Hatta Taliwang II di Gedung Gramari, Pejompongan, Jakarta Pusat, Minggu (20/5/2018) malam kemarin. Acara tersebut juga dihadiri Ketum PB Percasi, Utut Adianto.

Kejuaraan yang digelar untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) berlangsung dari Minggu pagi sampai malam itu diikuti sekitar 400 pecatur dari seluruh Indonesia dan berbagai usia.

MenurutAra, meskipun dirinya sering berbeda pendapat dengan Hatta Taliwang dari sisi politik. Tapi, mereka berdua bisa dipersatukan melalui permainan catur. "Itulah indahnya persahabatan," kata Ara.

Ia mengibaratkan permainan catur dengan bagaimana mengurus negara. Seorang wasit catur harus adil agar peserta tenang dan aman, begitu juga para pemimpin harus bisa adil supaya negara tenteram.

Ara berjanji tidak akan berhenti menggelorakan catur di masa yang akan datang. Dia mengaku tertarik dengan catur karena melihat Utut yang merupakan grand master catur menjadi salah satu politisi paling sportif saat ini.

"Pak Utut politisi sportif dan tanggung jawab. Saya banyak belajar dari beliau," lanjut Ara.

Pada bulan Agustus 2018 mendatang, Ara berjanji akan menggelar turnemen catur lagi. Turnemen itu akan memperebutkan Piala Hariman Siregar.

"Kita akan gelar lagi turnemen catur Piala Hariman Siregar. Saya juga mintapak Utut, Ketum Percasi hadir di pembukaan nanti," ia menambahkan.

Kalangan catur, kata Ara, bangga dengan Utut Adianto. Dia berharap caturbisa membuat sumbangan yang positif bagi bangsa ini.

Hatta Taliwang, penyelenggara turnamen catur tersebut mengatakan, hadiah yang diperoleh oleh peserta totalnya mencapai 47 juta Rupiah. Juara satunya mendapatkan hadiah 8 juta Rupiah.

"Supaya anak muda mau semangat untuk bangkit demi Indonesia yang mulai loyo, lomba catur ini juga dalam rangka gelorakan olahraga catur," kata Hatta.

Komentar

Embed Widget
x