Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:56 WIB

Antusiasme Tinggi, Peserta ISG Indonesia Bertambah

Kamis, 5 September 2013 | 23:40 WIB
Antusiasme Tinggi, Peserta ISG Indonesia Bertambah
Islamic Solidarity Games (ISG) - (Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Palembang - Persiapan yang amburadul dan mundurnya jadwal penyelenggaraan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 tak menyurutkan minat peserta. Jumlahnya bahkan bertambah.

ISG awalnya dijadwalkan digelar pada bulan Juni 2013, namun provinsi Riau, yang ditunjuk sebagai penyelenggara, tak mampu mengemban tugas tersebut. DKI Jakarta pun ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti.

Namun setelah mempertimbangkan situasi politik dan sarana-prasarana, panitia pusat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akhirnya memastikan ISG digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 22 September-1 Oktober 2013. Hal ini rupanya tak mengurangi antusiasme peserta.

"Hingga hari ini panitia telah menerima pendaftaran dengan disertai daftar atlet dan ofisial dari 44 negara," kata Wakil Ketua Deputi I Panitia Pelaksana ISG Sumsel, Saidina Ali.

Jumlah ini bertambah dua dari daftar awal setelah Chad dan Bangladesh mendaftar pada Rabu (4/9/13). Karena antusiasme peserta pula, pendaftaran yang seharusnya ditutup pada 31 Agustus menjadi mundur.

Panitia juga terpaksa menolak permintaan Ghana, yang telah mendaftar secara online, karena negara dari Benua Afrika itu tak terdaftar sebagai anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

"Semula panitia pelaksana masih menanti konfirmasi dari Ghana, namun setelah ditelusuri ternyata bukan anggota OKI sehingga tidak diberikan kuota," Saidina Ali menjelaskan.

"Sumatera Selatan sebenarnya sudah menutup pendaftaran, namun keputusan bukan ada ditangan panitia daerah tapi panitia nasional," katanya.

Berikut daftar negara peserta even yang akan memperlombakan dan mempertandingkan 13 cabang olahraga tersebut:

Algeria, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda. Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh dan Chad.(antara)[yob]

Komentar

Embed Widget
x