Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 01:19 WIB
 

Rudy Gunawan Ingin Ganda dan Tunggal Putri Bangkit

Oleh : - | Jumat, 16 Agustus 2013 | 05:50 WIB
Rudy Gunawan Ingin Ganda dan Tunggal Putri Bangkit
Rudy Gunawan - pbdjarum.org

INILAH.COM, Jakarta - Mantan pebulu tangkis nasional, Rudy Gunawan, berharap sektor tunggal putri dan ganda putri Indonesia segera bangkit menyusul ganda putra dan ganda campuran.

Dalam Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2013 di Guangzhou, Cina, sektor tunggal putri dan ganda putri gagal menyumbang gelar juara. Tunggal putri Lindaweni Vanetri adalah satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil melaju sampai babak ketiga. Ia dikalahkan Li Xue Rui dua set langsung 10-21 dan 12-21.

Sementara ganda putri Merah Putih Pia Zebadiah/Rizki Amelia hanya mampu melangkah hingga babak perempatfinal setelah dikalahkan ganda Korea Selatan Eom Hye Won/Jang Ye Na dua set langsung 20-22, 15-21.

"Saya lihat ganda putri, tunggal putri dan tunggal putra Indonesia masih kurang prestasinya, padahal dulu kita cukup solid di sektor itu. seharusnya pembinaan sektor-sektor itu meniru dari ganda putra dan ganda campuran," kata Gunawan, yang pernah meraih Juara Dunia 1993 bersama Ricky Soebagdja, di Jakarta, Kamis.

Gunawan yang kini sibuk sebagai pendeta dan pelatih bulu tangkis di Orange County Badminton Club di Amerika Serikat itu mengakui saat ini bulu tangkis Indonesia kembali berkibar di kancah internasional. Hal itu semakin ditandai dengan berhasilnya Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran) dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) berhasil memboyong gelar Juara Dunia 2013.

"Prestasi di kejuaraan dunia bisa memacu tetapi jangan terlena dengan dua nomor itu saja, bisa bahaya. Saya liat pemain terutama di sektor tunggal dan ganda putri kurang ada regenerasinya," ujar Gunawan yang pernah berpasangan dengan Eddy Hartono, Rosiana Tendean, Bambang Suprianto, dan Ricky Subagja itu.

Gunawan pun memendam impian untuk turut membangkitkan bulu tangkis Indonesia. Setelah menetap di Los Angeles, Amerika Serikat sejak tahun 1999, ia berencana untuk kembali ke Indonesia.

"Saya ingin membantu meningkatkan prestasi bulu tangkis Indonesia. Dulu penghargaan di bidang olahraga masih kurang. Kita main menang atau kalah, (pemerintah) tidak peduli. Saya rindu Indonesia, sekarang sedang melihat peluang di sini," jelas Gunawan yang datang ke Indonesia khusus atas undangan dari pebulu tangkis Candra Wijaya dalam rangka penerimaan penghargaan sebagai Legenda Bulutangkis Ganda Putra. (antara)

Komentar

Embed Widget

x