Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 09:01 WIB

Inilah Upaya PBSI Tingkatkan Prestasi Bulutangkis

Oleh : Reza Adi Surya | Sabtu, 3 Agustus 2013 | 12:00 WIB
Inilah Upaya PBSI Tingkatkan Prestasi Bulutangkis
Basri Yusuf, Kabid Pengembangan PBSI - badmintonindonesia.org
facebook twitter

INILAH.COM, Guangzhou - PBSI terus melakukan berbagai upaya demi meningkatkan prestasi dan performa bulutangkis. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan sport science dalam program pembinaan.

Seperti yang dilakukan di Kejuaraan Dunia 2013, semua pemain yang akan berlaga ternyata sudah dibekali dengan video-video pertandingan seluruh calon lawannya nanti. Selain video itu berisi rekaman pertandingan terbaru dan ada juga hasil analisa permainan calon lawan.

"Kami sudah mempersiapkan ini dari jauh-jauh hari, semua pemain sudah punya video-video calon lawannya sesuai dengan urutan yang tertera pada hasil undian. Video-video ini salah satunya kami dapatkan di turnamen Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2013 lalu. Kami merekam lebih dari 70 pertandingan untuk dianalisis," kata Basri Yusuf, Kabid Pengembangan PBSI, dilansir situs PSBI.

"Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali atlet, sehingga saat akan masuk lapangan, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan. Video pertandingan juga selalu berisi pertandingan terbaru, maksimal tiga bulan terakhir atau tiga turnamen terakhir. Setelah itu harus di update lagi," ujarnya.

Penerapan sport science ini sebelumnya pernah dilakukan di Piala Sudirman 2013 lalu. Kala itu Indonesia terhenti di perempatfinal setelah memberi perlawanan sengit pada tim raksasa Cina, dengan skor akhir 2-3.

Tak berhenti sampai disitu, Basri dan timnya juga akan memanfaatkan ajang bergengsi Kejuaraan Dunia 2013 untuk mendapatkan berbagai video pertandingan pemain-pemain top dunia. Kejuaraan Dunia akan digelar 5-11 Agustus 2013 mendatang. [arn]

Komentar

Embed Widget
x