Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 07:53 WIB

Sempat Vakum, Tour d'Indonesia Kembali Bergulir

Oleh : Reza Adi Surya | Kamis, 18 April 2013 | 20:19 WIB
Sempat Vakum, Tour d'Indonesia Kembali Bergulir
(inilah.com/Reza Adi Surya)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Even bertaraf internasional, Tour d'Indonesia 2013, akan kembali digelar. Tahun ini, ada 25 tim yang dijadwalkan ikut Tour d'Indonesia 2013 yang digelar 25 Oktober hingga 3 November 2013.

Even ini akan dikeloloa bersama antara ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) dengan PT Mitra Lintas yang diwakili JIP dan Arthayasa. Even ini menjadi salah satu persiapan jangka panjang para pebalap sepeda Indonesia untuk tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di Brasil.

"Tahun lalu, penyelenggaran Tour d'Indonesia memang sempat vakum karena suatu hal. Kini, kami bertekad untuk menggelar even ini lebih baik lagi. Ini menjadi ajang bagus untuk uji coba Timnas balap sepeda Indonesia," kata Edmound Simorangkir, Ketua ISSI, di Kantor ISSI, Kamis (18/4/2013).

Edmound menambahkan bahwa pihaknya telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, untuk meminta dukungan.

Pagelaran Tour d'Indonesia juga disambut baik oleh KONI. Melalui Humasnya, Aziz Manaf, ia sangat gembira Tour d'Indonesia bisa kembali bergulir.

"KONI mendukung sepenuhnya even ini karena kami yakin kegiatan ini akan membawa dampak positif. Dampat positif terkait peningkatan prestasi atlet dan dampak positif aspek berbangsa khususnya bidang pariwisata karena even ini akan diikuti 25 tim dalam dan luar negeri," ujar Aziz.

Untuk even Tour d'Indonesia tahun ini, belum bisa dipastikan secara pasti mengenai rute dan jarak tempuh. Namun, secara kasar, diperkirakan akan menempuh jarak sejauh 1500 km yang terdiri dari 10 etape dan melewati lima provinsi.

"Untuk start dimulai di Jakarta dan finis di Denpasar. Masing-masing tim terdiri dari enam pebalap dan empat ofisial. Dengan adanya even ini, nantinya akan dicari bibit-bibit bagus untuk ikut serta dalam even balap level dunia," ucap Ismed Mohamad Noor, selaku pihak yang mewakili JIP.

Untuk besaran hadiah, pihak JIP belum bisa membeberkannya saat ini. Mereka berencana akan mengumumkannya saat prosesi launching bulan Mei mendatang.

"Masih ada beberapa sponsor yang berada di tahap negosiasi. Saat ini, belum bisa menentukan jumlah hadiah. Kami masih membuka kemungkinan sponson yang ingin turut serta," Ismed menandaskan.

Komentar

Embed Widget
x