Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 21:31 WIB

Tontowi/Lilyana Dinilai Masih Banyak Kekurangan

Oleh : Reza Adi Surya | Kamis, 28 Maret 2013 | 02:35 WIB
Tontowi/Lilyana Dinilai Masih Banyak Kekurangan
Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir - badmintonindonesia.org
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Meskipun berhasil mempertahankan gelar ganda campuran All England 2013, tim pelatih menilai Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir masih perlu banyak perbaikan.

Penampilan mereka yang begitu gemilang hingga menjuarai All England dua kali berturut-turut juga tak luput dari evaluasi sang pelatih.

Tahun lalu, Tontowi/Lilyana juga berhasil menjuarai Swiss Open Grand Prix Gold 2012. Sayangnya tahun ini pasangan rangking dua dunia tersebut harus gagal di semifinal.

"Hal yang paling penting adalah soal konsentrasi dan fokus pemain. Saya lihat Tontowi/Lilyana di Swiss fokusnya sudah berkurang. Dari All England yang turnamen besar, lalu ke turnamen level grand prix gold, jadi fokus menurun. Selain itu, rotasi di lapangan juga harus diperbaiki lagi," ujar Nova Widianto, Asisten Pelatih Ganda Campuran PBSI, dilansir situs resmi PBSI.

Meskipun demikian, secara keseluruhan Nova mengaku hasil di All England cukup baik. Di nomor ganda campuran, pasangan Indonesia berhasil menguasai babak perempat final dengan menempatkan empat pasangan yaitu Tontowi/Lilyana, Muhammad Rijal/Debby Susanto, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet. Tiga diantaranya bahkan lolos ke semifinal.

"Hasil tahun ini cukup baik, sesuai dengan target, pemain-pemain back up juga bisa menembus semifinal dan perempat final. Zamannya saya belum pernah ada yang seperti ini, ada tiga ganda campuran di semifinal All England," imbuh Nova, peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 bersama Lilyana Natsir.

Persiapan yang matang diklaim Nova sebagai kunci sukses tim ganda campuran di All England 2013. Sebulan jelang turnamen bergengsi tersebut, pemain-pemain ganda campuran 'dikurung' untuk menjalani latihan intensif, terutama Tontowi/Lilyana yang ditargetkan untuk mempertahankan gelar juara.

"Tontowi/Lilyana persiapannya bagus, khususnya di Tontowi. Fran/Shendy juga begitu, walaupun sempat kepotong waktu Fran menikah. Hanya Riky/Richi yang belum maksimal. Masih banyak yang perlu diperbaiki dan dimaksimalkan lagi," ia memungkasi.[yob]

Komentar

Embed Widget
x