Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 16:46 WIB

KOI Sepakat Eqina di Bawah PP PORDASI

Oleh : Farid Kusuma | Minggu, 17 Februari 2013 | 18:41 WIB
KOI Sepakat Eqina di Bawah PP PORDASI
Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Perjuangan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP PORDASI) untuk menjadikan equestrian tetap berada di bawah naungannya akhirnya sukses.

Pasalnya, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang sudah bersidang telah memutuskan hanya mengakui Equestrian Indonesia (Eqina) yang berada di bawah naungan PP PORDASI.

"KOI hanya mengaku keberadaan Eqina yang bernaung di bawah PP PORDASI dan bukan Equestrian Federation Indonesia (EFI) yang berdiri sendiri," ujar Komisi Sports and Law KOI Haryo Yuniarto pada acara pertemuan Presiden induk-induk organisasi (PB/PP) di Jakarta.

Menurut Haryo, EFI tidak memenuhi persyaratan sebagai anggota KOI karena tidak memiliki anggota klub dan pengurus provinsi seperti halnya Eqina yang memiliki anggota klub dan ada di pengrov PORDASI.

"EFI itu tidak punya anggota. Sedangkan Eqina didukung 24 klub dari 30 klub equestrian di
Indonesia," lanjutnya.
Dengan adanya pengakuan KOI tersebut, kata Haryo, Eqina yang berhak membentuk dan mengirimkan tim equestrian yang bakal tampil di multi event seperti SEA Games, Asian Games maupun Olimpiade.

"Hanya Eqina yang berhak membentuk dan mengirimkan tim equestrian ke multi event. Di luar dari Eqina, KOI tak akan memberikan rekomendasi," tegasnya.

Secara terpisah, Ketua Umum PP PORDASI M.Chaidir Saddak mengucapkan terima kasih kepada KOI yang telah mengakui keberadaan Eqina. "Kami sangat berterima kasih dengan adanya keputusan KOI yang hanya mengakui Eqina. Dengan demikian, kita bisa lebih berkonsentrasi meningkatkan prestasi karena polemik dualisme organisasi equestrian selesai," tegas M.Chaidir Saddak.

Mengenai adanya beberapa klub yang mendukung EFI, kata Saddak, pihaknya siap menerima kehadiran klub tersebut. "Keberadaan klub sangat penting bagi Eqina dan PP Pordasi. Dan, kami menerima kehadirannya dengan senang hati. Yang lalu biarlah berlalu dan mari bersama-sama membangun prestasi Equestrian ke depan," tandasnya.

Sekadar gambaran, Equestrian yang tergabung dalam Equestrian Commission Indonesia (ECI) dan berada di bawah naungan PP Pordasi terbelah dua dengan berdirinya EFI. Namun, ECI yang berubah nama menjadi Eqina mendapat dukungan penuh sebagai satu-satunya wadah Equestrian.

Komentar

Embed Widget
x