Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 14:36 WIB

Gara-gara Politik, MotoGP 2013 Batal ke Argentina

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Sabtu, 24 November 2012 | 22:41 WIB
Gara-gara Politik, MotoGP 2013 Batal ke Argentina
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Bassel - MotoGP membatalkan jadwal seri Argentina untuk musim 2013 karena konflik politik di negara tersebut, yang sedianya menjadi seri kedua, digelar pada 14 April.

Pembatalan seri yang digelar di trek Termas de Rio Hondo tersebut disebabkan langkah pemerintah Argentina yang secara kontroversial menasiponalisasi perusahaan minyak asing, Repsol, yang juga merupakan sponsor salah satu peserta MotoGP, Honda.

"Pada 20 Juni 2012, pemerintah Spanyol merekomendasikan agar tim dan pebalap yang disponsori Repsol tidak melakukan perjalanan ke Republik Argentina dengan alasan keamanan," demikian pernyataan pengelola MotoGP, Dorna, seperti dilansir Autosport.

"Karena itu, perayaan Gran Premio de la Republica Argentina tetap ditunda sembari menindaklanjuti rekomendasi tersebut."

"Tenggat waktu bagi Dorna Sports, pemegang hak komersial Kejuaraan Dunia MotoGP, untuk mendaftarkan kalender MotoGP 2013 ke FIM adalah 18 November. Pada 20 November, pemerintah Spanyol mengingatkan lewat surat elektronik kepada Dorna Sports perihal tenggat waktu yang telah terlewati dan karenanya tidak mungkin lagi menambah seri MotoGP."

Untuk menutup jeda waktu yang terlalu panjang antara seri pertama di Qatar dan seri ketiga di Austin, Amerika Serikat, akibatnya batalnya even di Argentina, Dorna memutuskan memundurkan sesi pembuka hingga 7 April, sementara Austin diajukan menjadi pada 28 April.

"Dorna masih mempertahankan komitmennya untuk memasukkan Gran Premio de la Republica Argentina pada 2014," demikian pernyataan Dorna.

Komentar

x