Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 11:54 WIB

Kehabisan Bensin, Vettel Didiskualifikasi

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Minggu, 4 November 2012 | 13:24 WIB
Kehabisan Bensin, Vettel Didiskualifikasi
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Yas Marina - Pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, didiskualifikasi dari sesi kualifikasi GP Abu Dhabi, Sabtu (3/11/12) malam WIB karena melanggar aturan bahan bakar.

Pebalap asal Jerman ini sebenarnya mampu mencatatkan waktu tercepat ketiga dalam sesi kualifikasi, namun diperintahkan berhenti oleh timnya saat sedang memasuki pit lane, sebelum mencapai pit.

Padahal, peraturan F1 mewajibkan setiap pebalap untuk kembali ke pitnya masing-masing setelah kualifikasi dengan sisa bensin minimal satu liter di tangki bahan bakarnya.

Pasal 6.6.2 Regulasi Teknik menyebutkan, "Kompetitor harus memastikan adanya sampel bensin satu liter untuk diambil dari mobil, kapanpun selama even berlangsung."

"Kecuali dalam kasus force majeure (yang diputuskan oleh pengawas lomba lewat rapat), jika sampel bahan bakar dibutuhkan selama sesi latihan, mobil yang bersangkutan harus pertama-tama bisa kembali ke pit dengan tenaga sendiri."

Pengawas lomba memanggil Vettel dan timnya untuk menjelaskan mengenai penghentian tersebut. Setelah mendapat penjelasan dari Red Bull, pengawas lomba menganggap inisden tersebut adalah force majeure dan memaklumi alasan Vettel menghentikan mobilnya sebelum masuk pit stop.

Tetapi begitu diketahui bahwa RB8 yang dikemudikan Vettel hanya menyisakan 850ml bensin, dia akhirnya didiskualifikasi.

"Pengawas lomba mendapat penjelasan dari pebalap dan perwakilan tim dan menemukan bukti telemetri yang menunjukkan alasan mengapa mobil tersebut dihentikan," demikian bunyi pernyataan FIA.

"Pengawas lomba menerima penjelasan dan menganggap insiden tersebut sebagai kasus force majeure. Namun sebuah laporan yang diterima dari Delegasi Teknis menunjukkan tidak ada cukup bahan bakar untuk sampel selama pemeriksaan (scrutineering .red) pascakualifikasi."

Bos Red Bull, Christian Horner, menjelaskan bahwa mobil yang bersangkutan akan dibawa ke parc ferme (zona penimbangan mobil dan pemeriksaan lainnya) untuk investigasi lebih lanjut.

Horner, yang tak berharap banyak dari Vettel untuk balapan ini, akan mendorong rekan setim Vettel, Mark Webber, untuk meraih hasil terbaik. Webber mencatat waktu tercepat kedua di sesi kualifikasi, di belakang Lewis Hamilton dari McLaren.

"Karena itu, Vettel didiskualifikasi dari sesi kualifikasi dan memulai balapan dari pit lane. Kami harus memanfaatkan posisi start di front row yang didapat Mark, sementara Sebastian akan menjalani malam yang sibuk," kata seperti dinukil dari PlanetF1.com.

Dengan mengawali start dari pit lane, Red Bull boleh melakukan perubahan pada setingan mobil Vettel untuk balapan yang digelar Minggu (4/11/12) pukul 20.00 WIB itu.

Komentar

x