Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 05:44 WIB

Taekwondo Indonesia Incar Prestasi Global

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Senin, 1 Oktober 2012 | 01:11 WIB
Taekwondo Indonesia Incar Prestasi Global
inilah.com/Grafis
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Peringatan Hari Taekwondo Dunia kali ini menjadi momentum bagi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) untuk meningkatkan prestasi.

Pada peringatan yang digelar di Gelanggang Mahasiswa Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (30/9/12), Ketua Umum PBTI, Marciano Norman, meminta para atlet Indonesia untuk fokus pada ajang SEA Games mendatang.

"Untuk event yang akan datang yaitu Sea Games, saya harap prestasi kita akan menjadi lebih baik. Lalu ada event Asian Games di Korea (Selatan) saya harap bisa lebih baik torehannya. Bahkan di Olimpiade Brasil, saya harap para atlet juga bia memberikan yang terbaik untuk bangsa ini," kata Marciano.

Marciano mengatakan, potensi besar Indonesia di cabang Taekwondo akan dikembangkan lewat pembinaan usia dini serta program pembinaan berjenjang.

"Saya memnita semua elemen masyarakat mendukung kami untuk kemajuan Taekwondo," katanya.

Indonesia bersama negara-negara lain di dunia merayakan Hari Taekwondo Dunia dengan menyelenggarakan acara bertajuk Taekwondo Day. Hari Taekwondo Dunia sekaligus merupakan peringatan berdirinya Federasi Taekwondo Dunia (WTF), yang tahun ini memasuki usia ke-40.

Di Indonesia sendiri, seperti dijelaskan ketua pelaksana Antonie Siregar, acara Taekwondo Day diikuti oleh sekitar dua ribu peserta dari berbagai provinsi. Kegiatannya antara lain berupa pengucapan janji Taekwondo, peragaan massal keserasian jurus (poomsae - Taeguk 4) dan demo pemecahan benda keras (Gyeokpa).

Perayaan Hari Taekwondo ini juga diharapkan Marciano dapat mempererat semangat dan motivasi, sekaligus menciptakan atmosfer kebersamaan dan integrasi antar seluruh komponen taekwondo Indonesia. Lebih jauh, Marciano, yang juga menjabat sebagai kepala BIN, berharap taekwondo menyebar lebih luas ke berbagai lapisan masyarakat.

"Yang utama adalah menciptakan atmosfir kebersamaan olah raga Taekwondo di Indonesia, yang telah diakui oleh badan dunia WTF sebagai salah satu negara yang paling pesat kemajuannnya dalam mengembangkan dan meningkatkan prestasi taekwondo di Indonesia," Marciano menambahkan.

Dalam acara ini pula, PBTI mengangkat artis nasional, Tya Ariestia, sebagai duta taekwondo Indonesia. Tya sempat menekuni bidang olahraga taekwondo dan berkiprah di sejumlah kejuaraan, sebelum menjadi artis profesional.

Kehadiran duta taekwondo diharapkan membantu sosialisasi olahraga bela diri ini serta meningkatkan animo dan ketertarikan masyarakat Indonesia, sekaligus mendorong proses pembinaan bibit-bibit muda agar terus bermunculan.

Komentar

Embed Widget
x