Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 10:14 WIB

Atlet Baru Kejutkan Metaman Triathlon Bintan

Oleh : Irvan Ali Fauzi | Minggu, 16 September 2012 | 09:24 WIB
Atlet Baru Kejutkan Metaman Triathlon Bintan
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Bintan - Brett Carter dan Candice Hammond berhasil mengungguli lawan-lawannya di ajang tri lomba jarak ultra jauh bertajuk Triathlon MetaMan yang digelar perdana di Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (15/9/2012).

Brett Carter berada di tempat pertama untuk kategori pria 'Metaman Full'. Dia berhasil mencatatkan waktu 8:43:58 menempuh jarak renang sepanjang 3.8 km, bersepeda 180 km dan lari sepanjang 42.2 km. Sementara Candice Hammond menjadi juara untuk kategori wanita dengan catatan waktu 9:31:08 jam. Mereka masing-masing meraih hadiah 15.000 dollar

Metaman Triathlon Bintan adalah ajang tri lomba jarak jauh setara dengan jarak ultra Ironman yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir. Dalam lomba kali ini, para juara tersebut berhasil membuat kejutan.

Bagi Carter lomba kali ini adalah lomba pertamanya sebagai atlet profesional. Pria yang sebelumnya berprofesi sebagai penjaga pantai di Gold Coast Australia itu, bahkan berhasil mempecundangi Fredrik Croneborg, atlet asal Swedia yang pada tahun lalu menjuarai ajang Bintan Triathlon.

Croneborg harus puas di posisi kedua tertinggal 16 menit dibelakang Carter dengan catatan waktu 8:59:10 jam. Sementara Petr Varbrousek atlet dari Republik Ceko finish di posisi ketiga dengan catatan 9:07:33 jam. Sebagai juara kedua dan ketiga mereka mendapat hadiah masing-masing 7.000 dollar dan 3.500 dollar.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Tidak sia-sia saya keluar dari pekerjaan saya di Australia beberapa bulan lalu. Menjual segala sesuatu yang saya punya, untuk mengejar karir penuh waktu sebagai seorang atlet profesional triatlon," ujar Brett Carter usai lomba.

Menurutnya, selama beberapa bulan, dia sengaja menyiapkan diri menghadapi Metaman Triathlon Bintan dengan berlatih bersama atlet Brett Sutton di Swiss.

Sementara itu, kejutan lainnya juga terjadi di kategori wanita. Atlet asalt Selandia Baru, Candice Hammond memenangkan lomba mengalahkan atlet wanita legenda dunia triathlon, Belinda Granger.

Hammond yang sebelumnya tertinggal saat renang dari Granger, berhasil menyalip Granger saat bersepeda. Atlet wanita Australia berusia 42 tahun itu harus puas di posisi kedua dengan catatan waktu 9:40:16 jam. Sementara di tempat ketiga ada Erika Csomor dari Hongaria dengan waktu 9:52:29 jam.

"Awalnya saya tertinggal cukup jauh dari Belinda setelah berenang. Saya pikir saya bisa mengejarnya saat bersepeda. Saya memang kecewa dengan hasil renang. Tapi saya sangat termotivasi mengejar saat bersepeda,"kata Hammond setelah kemenangannya.

Perempuan 28 tahun asal Selandia Baru itu pun mengaku puas dengan ajang yang selenggarakan MetaSport dan Nirwana Gardens, Bintan Resort ini.

"Ini adalah lomba yang indah di Bintan dan saya ingin berterima kasih kepada para relawan yang baik. Aku benar-benar menikmati perlombaan ini," katanya.

Lebih dari 250 atlet dari 35 negara ikut serta perlombaan ini yang terbagi dalam dua kategori 'Metaman Full' dan 'Metaman Half' yang menempuh jarak separuhnya.

Komentar

x