Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 00:28 WIB

Triathlon Metaman Bintan Tantang Atlet 35 Negara

Oleh : Irvan Ali Fauzi | Sabtu, 15 September 2012 | 01:30 WIB
Triathlon Metaman Bintan Tantang Atlet 35 Negara
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Bintan - Sebanyak 250 atlet dari 35 negara bersiap menyelesaikan tantangan di ajang Trianthlon Metaman Bintan, Sabtu (15/9/2012) pagi ini.

Ajang tri lomba juang terlaksana berkat kerja sama Metasport dan Nirwana
Gardens. Dengan jarak ultra jauh atau kategori ironman ini adalah yang pertama di Asia Tenggara. Diselenggarakan di Bintan Resort, Kepulauan Riau, ajang ini akan menguji keberanian para atlet.

Lomba yang terbagi dalam dua kategori ini akan dimulai pukul 07.00 wib. Kategori pertama, yakni Metaman Full, para atlet akan menyelesaikan tantangan renang sejauh 3,8 km, bersepeda dengan jarak 180 km, dan lari sepanjang 42,2 km. Sementara di kategori kedua, Metaman Half, peserta akan berenang menempuh jarak 1,9 km, bersepeda 90 km, dan berlari 21,1 km atau separuh jarak kategori full.

"Ada sekitar 250 peserta dari 35 negara yang akan bertanding besok. Ini adalah kategori Ironman pertama yang digelar di Indonesia, dan wilayah Bintan cocok untuk menggelarnya," ujar Race Director Metasport, Marie Leautey saat jumpa pers, Jumat (14/9/2012) malam.

Para atlet triathlon kelas dunia dari Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Jerman, Hongaria, Republik Ceko, Swedia, dan Singapura akan tampil pada ajang yang memperebutkan hadiah total 60 ribu dollar (senilai 570 juta rupiah) tersebut. Dengan hadiah untuk juara pertama 15 ribu dollar (135 juta rupiah).

Dalam ajang ini, sebanyak 18 atlet Indonesia yang akan berpartisipasi di kategori MetaMan Half.

Aaron Farlow, seorang atlet triathlon asal Australia mengaku sangat tertantang dengan trek yang disuguhkan di area Bintan Resort. Pria yang pernah menjuarai empat kali triathlon jarak jauh ini baru siap berlomba mengatasi tantangan kontur berkelok dan cuaca tropis.

"Trek di sini lebih menantang, meski panas dan lembab saya yakin bisa juara, " ujar Farlow.

Sementara itu, Bupati Bintan Ansar Ahmad menyambut baik penyelenggaraan Triathlon Metaman Bintan. Menurutnya, ajang ini sejalan dengan kerja pemerintahannya yang tengah giat mempromosikan Bintan sebagai tujuan pariwisata populer.

"Kami tengah berusaha mempromosikan bintan ke seluruh dunia. Dan saya pikir ini adalah salah satu ajang yang pertama kalinya diselenggarakan di Asia Tenggara," ujar Ansar.

Dia menginginkan ajang sejenis bisa diselenggarakan secara berkala dan lebih meriah. Selama ini di salah satu kabupaten di Kepulauan Riau itu, telah berhasil menggelar lomba balap sepeda Tour de Bintan, dan Bintan Triathlon.

Komentar

Embed Widget
x