Find and Follow Us

Selasa, 10 Desember 2019 | 14:12 WIB

PON Riau 2012

Jabar Masih Dominasi Cabor Renang

Oleh : Farid Kusuma | Kamis, 13 September 2012 | 03:13 WIB
Jabar Masih Dominasi Cabor Renang
inilah.com
facebook twitter


INILAH.COM, Pekanbaru - Para atlet renang Jawa Barat, masih mendominasi raihan medali Pekan Olahraga Nasional XVIII/2012, yang dihelat di Arena Akuatik Rumbai, Rabu (12/9/12).

Sebanyak enam emas dari tujuh medali yang diperebutkan di hari ketiga perhelatan, diraih oleh para perenang andalan Jabar.

Triadi Fauzi yang turun di nomor 400 Meter Gaya Bebas Putra, berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan 4 menit 01,34 detik. Catatan waktu tersebut, rupanya memecahkan rekor milik M.Akbar Nasution, dengan 4 menit 02,80 detik, yang dicetak tahun 2008.

Pada nomor ini, medali perak menjadi milik Ricky Anggawijaya yang berasal dari Jabar, sedangkan M.Akbar Nasution, harus puas dengan medali perunggu.

Di sesi berikutnya, ratu renang Jawa Barat, Yessy Yosaputra, keluar sebagai juara nomor 100 Meter Gaya Punggung. Dengan catatan waktu 1 menit 05,52 detik, cukup bagi Yeye untuk mendapat emas, mengalahkan dua atlet andalan Jawa Timur, Nurul Fajar Fitriyati dan Fibriani Marita.

Di nomor 100 Meter Gaya Punggung Putra, atlet Jabar Ricky Anggawijaya, dipaksa mengakui keunggulan andalan Riau, Gede Siman Sudartawa, yang memecahkan rekor PON dengan catatan waktu 56,17 detik sekaligus menggondol emas. Sedangkan Ricky hanya mampu meraih perunggu, karena perak menjadi milik Guntur Pratama Putra dari DKI Jakarta.

Dominasi Jawa Barat kembali terjadi saat Ressa Kania Dewi yang turun di nomor 100 Meter Gaya Kupu-kupu. Catatan waktu 1 menit 03,36 detik, membuatnya memenangi medali emas. Medali perak jadi milik rekannya, Monaliza. Sedangkan perunggu direngkuh Stephanie Samudro asal DKI Jakarta.

Medali emas 100 Meter Gaya Punggung Putra, jadi milik Tim Jabar, setelah Glenn Victor mampu mencapai finish pertama dengan catatan waktu 53,74 detik. Posisi kedua diisi Triadi Fauzi yang juga dari Jawa Barat, sedangkan atlet DKI, Brian Howard ada di peringkat tiga.

Pada nomor 800 Meter Gaya Bebas Putri, perenang Jabar, Raina Saumi, harus bersaing ketat dengan Iffy Nadya dari Jawa Timur. Dengan kegigihan serta stamina yang terjaga, Raina akhirnya keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 9 menit 01,98 detik.

Atlet Jatim yang sejak awal sudah menempel ketat, akhirnya harus puas dengan medali perak. Sedangkan Ressa Kania Dewi yang juga turun di partai melelahkan ini, mampu meraih perunggu.

Panen medali Jawa Barat di hari ketiga, ditutup dengan kemenangan tim putra yang berlaga di nomor 4x100 Meter Gaya Bebas. DKI Jakarta dan Riau, hanya mendapat perak dan perunggu.

Total medali yang diperoleh Jawa Barat di cabang renang pada hari ketiga perhelatan adalah 6 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Jika diakumulasi dari hari pertama, Jabar mengoleksi 14 emas, 4 perak dan 4 perunggu.[yob]

Komentar

Embed Widget
x