Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:46 WIB

"Usut Aktor Dibalik Greysia/Meiliana"

Oleh : Irvan Ali Fauzi | Kamis, 6 September 2012 | 01:32 WIB
Rudi Hartono - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Legenda bulu tangkis Indonesia Rudi Hartono menilai hukuman yang dijatuhkan kepada pasangan ganda putri Greysia Polii /Meilina Jauhari tak pantas dijatuhkan.

Pasangan yang didiskualifikasi di Olimpiade London 2012 itu dihukum dengan sanksi skors selama empat bulan oleh PBSI. Saat pertandingan melawan ganda Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung, mereka 'tidak ingin menang'. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertemuan dengan ganda kuat Cina, Wang Xiaoli/Yu Yang.

Hukuman skorsing itu tersebut berlaku untuk semua pertandingan nasional maupun internasional. Artinya, mereka tidak boleh tampil di seluruh turnamen BWF (Federasi Bulutangkis Dunia) dan yang terdekat adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau, 9-20 September 2012.

Namun, menurut Rudi Hartono, seharusnya yang paling bertanggung jawab atas kejadian itu adalah manajer dan pengurus PBSI yang memerintahkan mereka untuk berbuat seperti itu.

"Sanksi itu tidak boleh hanya satu pihak, siapa sih yg menyuruh, jangan malah yg menyuruh didiamkan. Tidak mungkin itu pemain sendiri yang mau, pasti ada pengurus yang menyuruhnya," tutur Rudi saat menggelar jumpa pers di sebuah restoran, di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Pria yang pernah menjuarai All England sebanyak delapan kali berturut-turut itu mencurigai adanya campur tangan pengurus PBSI dalam sikap mengalah Greysia/Meiliana. Rudi meminta agar semua yg terlibat dalam kasis ini diusut dan dihukum dengan sanksi yang setimpal juga.

"Karena saya pernah menjadi pengurus, saya tahu itu. Siapa tim manajer yg mengurus saat itu. Jadi jangan dianggap ini satu kesalahan pemain dan pelatih saja," ia menegaskan.

Komentar

Embed Widget
x