Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Januari 2018 | 01:08 WIB

PBSI Pulangkan 15 Atlet dari Pelatnas Cipayung

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 27 Desember 2017 | 18:45 WIB
PBSI Pulangkan 15 Atlet dari Pelatnas Cipayung
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memulangkan 15 pemain dari Pelatnas Cipayung, Rabu (27/12/2017). Mereka akan dikembalikan ke klub asal masing-masing.

Diantara 15 pemain yang dipulangkan termasuk Muhammad Bayu Pangisthu (PB Djarum Kudus) dan Tiara Rosalia Nuraidah (Mutiara Cardinal Bandung).

Ada enam pemain yang dicoret dari sektor ganda putra dan tunggal putri, masing-masing enam orang. Dari ganda putra dan ganda campuran hanya satu pemain yang dicoret, sedangkan dari sektor ganda putri ada tiga orang yang dipulangkan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengatakan meski ada pencoretan jumlah atlet yang menghuni Pelatnas Cipayung pada 2018 akan meningkat menjadi 104 orang dari yang sebelumnya 89 orang.

"Tahun depan memang akan ada perubahan. Dari segi kuota, tidak akan jauh berbeda, tapi status yang akan berbeda. Kalau yang ragu-ragu, saya tidak mau masukan ke dalam SK (Surat Keputusan) tetap. Magang kan bisa berapa bulan. Penilaiannya bukan cuma potensi, tapi liat attitude, kemauan dan progres kalau di pelatnas seperti apa?" ungkap Kepada Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

"Kalau sudah di daftar SK tetap, merasa sudah di zona nyaman paling tidak setahun, ini yang saya tidak mau. Jadi mungkin di sini akan ada perbaikan, bukan mau seenaknya, tapi saya mau yang jadi penghuni pelatnas itu adalah yang terbaik, sesuai dengan kriteria yang kami butuh," imbuh Susy.

Untuk tahun depan, terdapat ketentuan baru dalam sistem pembinaan atlet penghuni Pelatnas. Pertama atlet yang tertera dalam Surat Keputusan (SK) sebagai atlet pelatnas yang seluruh pembiayaan latihan dan pertandingan selama setahun akan dibiayai oleh PBSI.

Kedua, atlet dengan SK Pemantauan, dimana pembiayaan pelatihan dan pertandingan akan dibiayai oleh PBSI selama enam bulan kemudian dipantau dan dievaluasi prestasinya jika tidak memenuhi target maka statusnya akan berubah menjadi pemain magang atau bahkan dipulangkan ke klub masing-masing (degradasi).

Ketiga, pemain magang pembiayaan latihan ditanggung PBSI dan pertandingan dibiayai oleh klub masing-masing. Mereka akan dievaluasi penampilannya oleh PBSI selama enam bulan, kecuali jika indispliner maka mereka akan dipulangkan ke klub sewaktu-waktu.

Komentar

 
Embed Widget

x