Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 11:16 WIB

Fatal! Panitia SEA Games Salah Cetak Bendera RI

Oleh : Reza Adi Surya | Sabtu, 19 Agustus 2017 | 22:47 WIB
Fatal! Panitia SEA Games Salah Cetak Bendera RI
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Kuala Lumpur - Upacara pembukaan SEA Games 2017 baru saja usai digelar. Tapi, ada satu noda yang terjadi ketika panitia salah mencetak bendera Republik Indonesia yang harusnya Merah Putih menjadi Putih Merah.

Kesalahan cetak bendera Indonesia terdapat di buku panduan yang dibagikan pada para pejabat yang hadir di pembukaan SEA Games 2017. Kesalahan cetak bendera terdapat di halaman 80.

Untuk sebuah event internasional, kesalahan cetak seperti ini harusnya tak boleh atau tak mungkin terjadi. Sontak kesalahan ini membuat geram Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi yang hadir di acara pembukaan SEA Games.

"Pembukaan @SEAgames2017 yang bagus tapip tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita...Mera Putih. Astaghfirullaah..," kicau Imam, di akun @imam_nahrawi.

Sementara itu, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan, pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri untuk menindaklanjuti kesalahan cetak bendera Indonesia oleh panitia SEA Games.

"Dalam tahap pertama, CdM (Ketua Kontingen) Indonesia bisa melakukan nota permintaan klarifikasi pada Organizing Comittee mengapa hal ini bisa terjadi. Jika terungkap faktanya (ada kemungkinan mereka berkilah macam-macam alasan), maka Indonesia melalui KBRI bisa mengajukan nota keberatan mulai dari yang soft hingga hard tergantung tingkat kesalahan mereka," ungkap Gatot.

"Bagaimanapun juga Malaysia bukan sekali ini jadi tuan rumah event olahraga internasional sehingga harusnya sesnitif. Kami yakin Bu Puan (Menko PMK) dan Pak Imam (Menpora) bijak dalam menyelesaikannya," tambah Gatot.

Tags

 
x