Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 00:50 WIB

Rencana Indonesia Jadi Tuan Rumah PD Basket 2023

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 5 Juli 2017 | 08:27 WIB
Rencana Indonesia Jadi Tuan Rumah PD Basket 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mendukung penuh rencana Indonesia menjadi calon tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama dua negara Asia lainnya.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat menerima kunjungan delegasi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) yang dipimpin oleh Committee Board (CB) Members and Treasurer FIBA Mr Ingo Weiss bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir beserta rombongan di ruang rapat lantai 10, Selasa (4/7) siang kemarin.

Menpora mengatakan pemerintah akan berupaya mengakomodir rencana tersebut sebagai bentuk komitmen dalam memajukan olahraga bola basket di Indonesia.

"Ya saya kira ini menjadi momentum yang luar biasa untuk kita siapkan sebaik mungkin. Tentu pemerintah akan melaporkan ini kepada Bapak Presiden Joko Widodo, supaya ini menjadi hajat negara, karena kita tahu bahwa basket sudah betul-betul menjadi olahraga yang diterima secara penuh oleh anak muda dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Indonesia rencananya akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Jepang dan Filipina. Menpora menambahkan dengan hadirnya event tersebut diharapkan bisa mengangkat motivasi cabang olahraga basket dan lainnya berkiprah di dunia internasional.

"Ajang itu nantinya memungkinkan Indonesia tidak hanya mampu menunjukkan pada dunia internasional untuk menjadi tuan rumah kejuaraan bola basket yang representatif, tetapi juga berdampak positif bagi masyarakat bahwa induk cabang olahraga bersama pemerintah tetap memberikan perhatian optimal bagi cabang-cabang olahraga lain untuk menjadi tuan rumah event internasional," tambahnya.

Sementara itu, delegasi FIBA, Ingo Weiss, menyambut baik rencana Indonesia dan dua negara lainnya ikut meramaikan bursa calon tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023. Menurutnya, ini akan menjadi sejarah baru dalam gelaran tersebut.

"Terma kasih atas waktunya. Sambutan pertama Menpora sangat baik dan mendukung terselenggaranya kejuraan dunia basket ini. Bapak patut berbangga pada Ferederasi Bola Basket Indoesia yang berani mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023. Karena ini untuk pertama kalinya sebuah even dunia yang digelar di tiga negara secara bersama-sama yaitu Jepang, Filipina dan Indonesia," kata Weiss menutup.

Sumber: Kemenpora

 
Embed Widget

x