Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 1 Mei 2017 | 11:15 WIB

Laporan INILAHCOM dari Birmingham

Wartawan Peliput All England Ikut Berolahraga

Oleh : Reza Adi Surya | Senin, 13 Maret 2017 | 05:30 WIB
Wartawan Peliput All England Ikut Berolahraga
Suasana di dalam Media Centre All England 2017 - (Foto: Inilahcom/Reza)
facebook twitter

INILAHCOM, Birmingham - Tak hanya atlet bulutangkis yang memeras keringat di lapangan demi meraih kemenangan. Wartawan peliput All England 2017 juga turut berolahraga.

Turnamen All England digelar di Barclaycard Arena, sebuah tempat yang cukup megah. Ketika tiba di Barclaycard Arena, Anda akan disuguhi pemandangan indah sebuah kanal atau sungai yang berada di sebelah stadion.

Bagi wartawan, mereka harus masuk melalui Entrance C atau pintu masuk C. Setelah masuk, Anda akan menemui ruangan yang melayani akreditasi ID card bagi wartawan. Pintu C juga digunakan sebagai akses semua atlet yang akan berlaga.

Untuk menuju Media Center, Anda akan menggunakan lift menuju lantai 1. Sebagai informasi, Entrance C berada di lantai G. Lantai 1 adalah tempat dimana para penonton akan masuk ke dalam stadion. Di sepanjang lantai 1, ada banyak toko-toko yang menjual suvenir All England. Tak hanya itu, ada juga restoran-restoran, penjual berbagai macam minuman, dan kafetaria.

Wartawan harus berjalan sekitar 100 meter untuk menuju lift yang akan membawa ke Media Centre di lantai 3. Di Media Centre, peliput All England dimanjakan dengan internet kecepatan tinggi, berbagai minuman mulai dari teh, kopi, susu, makanan kecil, dan air mineral. Di malam hari, wartawan akan disajikan makanan berat seperti pasta, spaghetti, dll. Di Media Centre juga ada lima buah televisi untuk memantau langsung pertandingan.

Yang sedikit berbeda dengan Indonesia Terbuka Super Series Premier di Istora Senayan, jarak Media Centre ke mixed zone tempat memewawancarai atlet sangat jauh. Media Centre berada di lantai 3 sementara mixed zone di lantai G.

Untuk menuju mixed zone dari Media Centre, Anda harus turun tiga lantai melalui enam tangga. Setelah selesai di mixed zone, kembali ke Media Centre ke lantai tiga menaiki enam tangga. Melelahkan? Sudah pasti. Apalagi bagi wartawan televisi yang harus membawa kamera cukup berat. Dalam waktu satu hari, sekitar tujuh-delapan kali turun dari Media Centre ke mixed zone.

Hal itu jauh berbeda jika dibandingkan dengan Istora Senayan. Di sana, Media Centre dan mixed zone jaraknya hanya sekitar 10-15 meter saja. Untuk masuk ke dalam arena juga hanya sekitar 50-70 meter. Sisi positifnya, wartawan dituntut ikut olahraga selama meliput All England.

Apakah tidak ada lift untuk menuju mixed zone? Ada. Tapi memakan waktu cukup lama. Selain itu, jalannya memutar cukup jauh. Tentu wartawan tak ingin ketinggalan mewawancarai atlet usai bertanding karena butuh waktu lama menggunakan lift. Jika melalui tangga, Anda akan langsung sampai di mixed zone, meskipun konsekuensinya harus naik dan turun enam tangga.

Meski demikian, tak ada wartawan yang mengeluh dengan kondisi tersebut. Semua wartawan melakukan pekerjaan mereka dengan semangat. Tak perlu takut haus naik dan turun tangga karena suplai minuman tak pernah habis di Media Centre.

Tags

Embed Widget

x