Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Januari 2017 | 19:36 WIB
Hide Ads

Aturan Baru IBL 2017 Untungkan Timnas Basket

Oleh : - | Rabu, 11 Januari 2017 | 08:10 WIB
Aturan Baru IBL 2017 Untungkan Timnas Basket
(Foto : Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Manajer timnas Indonesia, Suhadi, menyambut baik bergulirnya kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2017. Menurutnya, IBL sangat menguntungkan timnas dalam persiapannya untuk menghadapi SEA Gamas 2017.

Kompetisi IBL secara resmi akan berlangsung di Surabaya pada 20 Januari mendatang. Ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh liga dan PB Perbasi.

Selain perubahan dalam penggunaan sistem dua divisi, IBL musim 2017 ini juga menerapkan penggunaan pemain asing yang sejak 20 tahun lalu dihentikan. Masing-masing tim maksimal memiliki dua pemain asing.

Apabila tim tersebut telah memiliki satu pemain naturalisasi dalam skuat mereka, maka tim tersebut hanya dapat menambah satu pemain asing saja.

"Kami memang cukup diuntungkan dengan bergulirnya IBL. Apalagi ada pemain asingnya. Jelas akan memberi warna baru dalam kompetisi dan permainan," kata Suhadi di sela jumpa pers pelaksanan IBL 2017 di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Dengan masuknya pemain asing bisa membuat atmosfer pertandingan jauh lebih ketat. Apalagi pemain yang digunakan sudah cukup perngalaman. Menurut dia, kompetisi dengan menggunakan jasa pemain asing juga dilakukan oleh beberapa negara di ASEAN yang bakal menjadi rival Indonesia terutama pada SEA Games 2017 Malaysia.

"Justru kalau kompetisi kita tidak menggunakan pemain asing akan ketinggalan. Makanya kami akan memaksimalkan kompetisi untuk memantau pemain. Soal pemilihan pemain tergantung dari pelatih (Wahyu Widayat Jati)," ujarnya menambahkan.

Meski diuntungkan dengan bergulirnya IBL, Suhadi mengaku juga mengalami kendala untuk mengumpulkan pemain. Untuk menyiasati kondisi tersebut pihaknya telah mengatur jadwal dengan mempertimbangkan waktu pelaksanaan kompitisi yang seri pertamanya digulirkan di Surabaya, Jawa Timur, 20 Januari.

Sesuai dengan rencana pihaknya bakal menggelar pemusatan latihan di Surabaya, 23-26 Januari. Pada pemusatan latihan tersebut juga dijadwalkan melakukan pertandingan uji coba dengan tim asal Jawa Timur yaitu CLS Knights Surabaya dan Pasific Caesar.

"Timnas akan menghadapi CLS pada 25 Januari dan melawan Pasific Caesar satu hari berikutnya. Rencananya pertandingan ini dilakukan di GOR Kertajaya," ucap Suhadi memungkasi.(tar)

Tag

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x