Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 30 Mei 2016 | 00:08 WIB
Hide Ads

HUT RI ke-69, Istana Negara Gelar Lomba Lari

Oleh : Reza Adi Surya | Jumat, 15 Agustus 2014 | 05:20 WIB
HUT RI ke-69, Istana Negara Gelar Lomba Lari
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 pada 17 Agustus mendatang, Istana Negara menggelar lomba lari bertajuk Independenc Run.

Lomba lari tersebut diselenggarakan Istana Negara bekerja sama dengan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, Garuda Finishers selaku pelaksana dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai sponsor utama.

Rencananya, lomba lari berjarak 17 dan 8 kilometer itu akan digelar hari Minggu, 31 Agustus mendatang dengan tema 'Semangat 17/8 Untuk Merah Putih. Sekitar 45 ribu peserta mengikuti lomba lari yang akan dilepas langsung Presiden Ri, Susilo Bambang Yudhoyono, di depan Istana Merdeka pukul 06.15 WIB.

"Ini merupakan kedua kalinya Istana Negara menyelenggarakan Independence Day Run. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedekatan Istana Negara dengan masyarakat dan memupuk rasa nasionalisme," ujar Panitia Pelaksana Independence Run, Aji Satrio.

"Selain lomba lari kami juga menyelenggarakan Pesta Rakyat dengan berbagai macam lomba khas 17 Agustus seperti balap karung, panjat pinang, lomba bakiak dan makan kerupuk, selain itu ada hiburan menarik dari artis-artis Ibu Kota. Kami berharap kegiatan ini dapat diikuti, dinikmati dan menyatukan berbagai lapisan masyarakat," katanya.

Lari 17 kilometer akan melalui rute mulai depan Istana Merdeka menuju jalan MH. Thamrin, jalan Sudirman, Semanggi hingga Jl. Sisingamangaraja (berputar di lampu merah Al-Azhar) dan finish di Silang Monas.

Sementara lari 8 kilometer akan melalui rute mulai dari depan Istana Merdeka menuju jalan MH. Thamrin, jalan Sudirman kemudian berputar di depan Gedung Chase Plaza dan finish di Silang Monas.

"Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia kami bangga dapat menjadi bagian dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya dapat dinikmati oleh para pecinta lari, tapi juga seluruh rakyat Indonesia dari berbagai lapisan. Ini merupakan Pesta Rakyat terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia," ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Budi Satria.

Pada tahun ini Istana Negara menyediakan 11.000 medali yang akan diberikan kepada 1.000 pelari 17K yang mencapai finish dan 10.000 pelari 8K yang mencapai finish.

Sama seperti tahun lalu, keunikan Independence Day Run adalah kehadiran Tough Warriors sebagai peserta yang akan mengenakan pakaian dinas lapangan dengan perlengkapan tempur dengan berat sekitar 17 kilogram dan mengikuti lari 17K. Perbedaan tahun ini Tough Warriors diikuti 17 personil dari berbagai kesatuan yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan juga Kepolisian.

Para peserta akan memperebutkan hadiah total Rp700 juta. Untuk juara kategori 17K terdiri dari juara lari kelompok (5 orang) yang membawa bendera Merah Putih, juara pria dan wanita. Sementara juara kategori 8K terdiri dari juara pria, wanita dan juara kostum terbaik atau paling menarik. Warga Negara Asing yang berpartisipasi berkesempatan mendapatkan hadiah kostum terbaik.

Peserta Independence Day Run 2014 terbuka bagi seluruh warga, baik Indonesia maupun asing, tanpa dipungut biaya. Pendaftaran peserta sudah dibuka secara online mulai sejak akhir bulan Juli hingga 25 Agustus 2014 di www.bri.co.id.

 

 

facebook twitter

2 Komentar

Image Komentar
NESTOR BENYAMIN SIHOMBING - Rabu, 20 Agustus 2014 | 11:58 WIB
Mari membangun indonesia dengan berlari meraih mimpi :-)
Image Komentar
DEDHE - Selasa, 19 Agustus 2014 | 16:38 WIB
Cara mendaftar independen day run bagaiamana yah?

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget