Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:26 WIB

Olimpiade London 2012

Menyedihkan, Ganda Putri Indonesia Diskualifikasi

Oleh : Farid Kusuma | Rabu, 1 Agustus 2012 | 21:30 WIB
Menyedihkan, Ganda Putri Indonesia Diskualifikasi
IST
facebook twitter

INILAH.COM, London - Dunia bulutangkis tercoreng oleh ulah para pemain yang tidak bertanding secara profesional di ajang Olimpiade London 2012. Yang sangat disayangkan, aksi tak sportif itu melibatkan ganda putri Indonesia, Greysia Polii dan Meiliana Jauhari.

Dalam laga pamungkas di Grup C, Rabu (31/7/12), Polii/Jauhari yang bertanding melawan Ha Jung Eun/Kim Min Jung dari Korea Selatan, tampil sangat mengecewakan.

Beberapa kali kedua pasangan itu sengaja membuat bola keluar atau membentur net, sehingga wasit yang memimpin pertandingan tak sungkan mengeluarkan kartu hitam, sebuah tanda pelanggaran yang paling keras dalam bulutangkis.

Pertandingan tersebut tetap dilanjutkan hingga selesai dengan skor akhir 18-21, 21-14 dan 21-12 untuk kemenangan pasangan Korsel, meski tidak layak untuk disaksikan.

Aksi itu, ditengarai sengaja dilakukan oleh kedua pasangan yang tidak ingin meraih kemenangan dan berjumpa dengan lawan yang kuat di babak perempatfinal.

Ternyata, pasangan Cina (Wang Xiaoli/Yu Yang) dan ganda putri Korea Selatan (Jung Kyung Eun/Kim Ha Na), pun sama-sama memainkan aksi memalukan itu.

Setelah melakukan proses diskusi, Komite Olimpiade dan Federasi Bulutangkis Internasional (BWF), menjatuhkan hukuman berat berupa diskualifikasi dari ajang Olimpiade, kepada empat pasangan ganda putri tersebut.

BWF menganggap para pemain itu sengaja tidak mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk memenangkan pertandingan dan berusaha untuk memanipulasi pertemuan (lawan berikutnya).

 
Embed Widget

x