Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:42 WIB

WWF dan Indo Runners Gelar Lari 10K

Oleh : Reza Adi Surya | Jumat, 1 Juni 2012 | 15:30 WIB
WWF dan Indo Runners Gelar Lari 10K
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - WWF (World Wildlife Fund) dan komunitas Indo Runners menggelar kegiatan lari lintas alam 10 km untuk meningkatkan kepedulian konservasi badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon.

Kegiatan ini akan digelar 24 Juni 2012 dan diikuti oleh 50 pelari utamya yang dipilih dari kompetisi online di jejaring sosial. Selain 50 pelari tersebut, acara ini juga terbuka untuk masyarakat dan pemerintah setempat. Kegiatan lari 10k ini bertajuk 'Run Rhino Run' dan juga merupakan bagian dari 50 tahun WWF di Indonesia.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah lari 10 km diadakan di Taman Nasional Ujung Kulon.

"Kawasan penyangga TN Ujung Kulon memiliki potensi untuk menjadi lokasi yang menarik bagi pecinta olah raga lari," ungkap Yasha Chatab dari Indo Runners.

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) memiliki arti khusus bagi WWF Indonesia, karena awal keterlibatan yayasan konservasi ini diawali dengan penelitian mamalia langka ini pada tahun 1962.

"Badak Jawa adalah salah satu mamalia besar terlangka di dunia dengan hanya sekitar 50 individu tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon. WWF Indonesia berpendapat upaya konservasi yang dilakukan hanya akan berhasil apabila mendapat dukungan dari masyarakat luas, sehingga kita bisa menyelamatkan satwa yang menjadi kekayaan dan kebanggaan bangsa Indonesia ini," tutur Anwar Purwoto, Direktur Program Kehutanan, Air Tawas dan Spesies WWF Indonesia.

Acara ini juga didukung oleh sebuah perusahaan jamu yang memang peduli dengan kelestarian badak di Indonesia.

"Sinde sebagai perusahaan industri jamu dan obat-obatan Indonesia yang menggunakan bahan alam sangat peduli dengan kelestarian alam Indonesia. Kami bangga akan kekayaan alam Indonesia dan fakta bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki dua jenis badak. Badak merupakan icon kami untuk produk Larutan Penyegar yang telah kami produksi sejak 1981. Kami tentunya peduli dan tidak menghendaki badak di Indonesia hanya tersisa sebagai "icon" di produk saja," kata Budi Yuwono, Presiden Direktur PT Sinde Budi Sentosa.

"Oleh karena itu PT Sinde Budi Sentosa berkomitmen untuk bekerja sama dengan WWF dalam pelestarian Badak agar harta yang tidak ternilai ini dapat terus eksis sampai ke generasi selanjutnya. Kegiatan ini merupakan awal dari serangkaian program kerja sama yang akan kami laksanakan bersama WWF," tukasnya.

Bagi yang ingin mengikuti kegiatan ini, bisa mendaftar di akun facebook www.facebook.com/RhinoCare atau www.wwf.or.id/RhinoCare.

Komentar

 
Embed Widget

x