Find and Follow Us

Minggu, 17 November 2019 | 06:36 WIB

Jelang ASEAN Para Games VI

Ketua INASPOC: Solo Sudah Siap!

Oleh : Reza Adi Surya | Senin, 12 Desember 2011 | 11:45 WIB
Ketua INASPOC: Solo Sudah Siap!
Ketua Indonesia Paralympic Organizing Committee (Inaspoc) James Tangkudung - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Solo - Tiga hari jelang Asean Para Games 2011, 15-22 Desember 2011, Ketua Indonesia Paralympic Organizing Committee (Inaspoc) James Tangkudung menyatakan Solo siap menjadi tuan rumah edisi keenam dari pesta olahraga paralympian se-Asia Tenggara.

Hal ini sekaligus membantah dan menepis rumor yang menyatakan bahwa Solo tidak serius dalam persiapan menyambut ajang Asean Para Games.

Ditemui saat menghadiri workshop untuk para peliput di Solo, Minggu (11/12), James menegaskan bahwa seluruh persiapan dan keperluan y ang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Asean Para Games 2011 sudah rampung.

"Kami siap menyambut dan menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan Asean Para Games 2011," ucap James. "Memang mungkin ada beberapa bagian dari beberapa venue yang harus dilengkapi namun perlengkapan pertandingan yang merupakan bagian terpenting seperti scoring boardsudah tidak ada masalah. Semua sudah siap beroperasi," kata James menambahkan seperti dilansit situs resmi Para Games VI.

Menurut James, wajar jika dalam persiapan penyelenggaraan Asean Para Games 2011, Indonesia mengalami beberapa kendala dan hambatan.

"Yang paling utama adalah kami tidak memiliki pengalaman untuk menggelar pesta olahraga untuk paralympian seperti ini sehingga kami butuh bantuan dari technical delegate asing untuk terus memantau perkembangan persiapan yang sudah kami lakukan," lanjutnya.

"Kita belum memiliki orang-orang lokal yang memiliki sertifikasi internasional untuk memantaupersiapan venue tiap cabang olahraga. Lalu belum ada pemisahan tiap cabang olahraga seperti PB di KONI sehingga kita tidak bisa melakukan delegasi tugas dengan mudah seperti halnya di SEA Games."

Namun justru dari proses inilah, Indonesia belajar banyak dan kini memetik hasil positif.

"Kami kini sudah mengerti langkah-langkah apa yang harus dilakukan dan kini beberapa SDM seperti wasit dan juri tengah diusahakan mendapat sertifikasi internasional. Yang pasti, mulai dari sini ini Indonesia akan semakin siap menjadi tuan rumah olahraga paralympic," ujar James meyakini.

"Setelah ini pun kami bersama National Paralympic Committee (NPC) akan melakukan pemisahan tiap-tiap cabang olahraga sehingga nantinya olahraga paralympic di Indonesia akan semakin berkembang. Asean Para Games 2011 adalah momentum bagi olahraga paralympic di Indonesia," tukasnya.

Komentar

Embed Widget
x